Apakah Catur Olahraga atau Seni?


Pergerakan melintasi papan catur menggunakan bidak catur tunduk pada aturan yang ketat, ia mengembangkan pemikiran dan kecerdasan, daya tahan dan menghormati lawan. Bahagia adalah orang yang tahu cara memainkan permainan catur: itu semua menyiratkan kerja analitis dan sikap mental yang sesuai terhadap keadaan internal lawan, pencarian menyakitkan untuk jalan keluar dan wawasan yang mengarah ke kemenangan yang ditunggu-tunggu. Pemain catur mengalami peningkatan emosi, yang hanya bisa dibandingkan dengan dampak musik. Pada saat yang sama, ia menghabiskan banyak kekuatan fisik untuk menahan beban luar biasa selama pertandingan catur: ketegangan intelektual lebih sulit dirasakan oleh tubuh yang tidak terlatih daripada upaya fisik apa pun. Durasi permainan dapat terdiri dari satu setengah hingga enam jam, itu membutuhkan ketahanan stres dan ketahanan fisik dari pemain cerdas.

Asal Mula Permainan Catur
Permainan ini lebih dari satu setengah atau dua ribu tahun, tetapi catur telah diakui sebagai olahraga sejak tahun 1999. Para ilmuwan telah menemukan penyebutan pertama dari permainan “chaturanga” dalam manuskrip India kuno yang berasal dari abad VI. Judul game ini mencerminkan gerakan yang dilakukan di medan perang menggunakan semua senjata yang mungkin seperti infantri, kavaleri, kereta perang dan gajah perang. Lokasi potongan di lapangan mencerminkan disposisi dan komposisi pasukan Angkatan Darat India. Ketika permainan kembali populer di dunia Arab, itu telah mendapat nama baru: “shatranj”. Orang-orang Iran telah mengubah urutan lokasi “pasukan” dan aturan permainan mengubahnya menjadi permainan judi karena orang-orang bertaruh dengan uang dalam hal itu. Gereja memutuskan untuk melarang gameplay ini menunda pengembangan game yang disebut “The Warriors”. Sampai ke Eropa, pertempuran sel-sel hitam dan putih menerima nama baru – catur dan sejak itu telah dimainkan di seluruh dunia. Akhir abad ke-19 di dunia catur ditandai dengan turnamen catur pertama, kompetisi dan kejuaraan. Ini adalah waktu ketika permainan memiliki aturan-aturan klasik yang tak tergoyahkan. Abad terakhir ditandai oleh fakta bahwa gelar “Grand Master” diuraikan dan ditugaskan untuk pemenang kejuaraan dunia.

Alasan Teratas Mengapa Catur adalah Sport
Tujuan permainan intelektual adalah ekspresi identitas diri sebagai seorang pria di papan catur, keinginan untuk mengalahkan musuh dan mengkonsolidasikan posisinya sendiri serta mencapai pembacaan terbaik dalam disiplin ini. Catur tidak ada bedanya dengan olahraga kekuatan dan permainan tim. Ada tanda-tanda lain, yang membantu mengidentifikasi permainan catur sebagai olahraga:

  • Pemain catur «bertarung» sesuai aturan tertentu.
  • Hasil dari permainan ditentukan oleh hakim.
  • Penggemar olahraga dan penonton umum menghadiri pertandingan.
  • Pemenang ditentukan menggunakan klasifikasi pribadi dan tim.
  • Pembina olahraga merancang program pelatihan individu, di mana olahraga yang berbeda disertakan.
  • Penggemar latihan intelektual mematuhi prinsip-prinsip nutrisi olahraga, yang diarahkan pada stimulasi proses intelektual dan ketahanan fisik.
  • Pemain catur harus memiliki jadwal olahraga yang ketat untuk mendapatkan bentuk fisik, emosional dan intelektual yang lebih baik.
  • Kecerdasan dan Kekuatan

Ada ribuan turnamen catur yang diadakan setiap tahun di seluruh dunia. Pada tahun 1970, bidak catur yang terkenal di dunia mengunjungi ruang angkasa. Vitaly Sevostyanov dan Andrian Nikolayev memainkan permainan atas nama Ruang dan Bumi telah menjawabnya di hadapan kepala departemen yang bertanggung jawab untuk pelatihan tim kosmonot, Nikolai Kamanin, dan kosmonot Viktor Gorbatko. Catur catur berlangsung selama sekitar 6 jam, dan pesawat ruang angkasa berhasil berputar empat kali mengelilingi Bumi selama turnamen yang disebut “Ruang Bumi”.

Grand Master yang luar biasa menggabungkan beberapa olahraga. Misalnya, pemain catur mungkin menyukai olahraga kekuatan atau permainan tim. Di dunia olahraga, ada beberapa teknik untuk menyelaraskan minat selama pelatihan dan turnamen. Kompleks pelatihan kekuatan yang canggih harus dibiarkan untuk gerakan catur sederhana. Ketika Anda akan menyelesaikan tugas intelektual yang rumit, Anda harus menyertai pencarian dengan latihan ringan. Bermain catur di rumah, pemain dapat mengalihkan perhatiannya dengan berjalan atau bermain ping pong. Beberapa latihan yoga juga bisa berfungsi.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Saya

Feriantoro Homy

Halo, Saya seorang blogger yang ingin berbagi informasi apapun yang saya ketahui dan mungkin bisa berguna untuk Anda dan banyak orang.

Terima kasih dan terus ikuti perkembangan info di web ini ya.

Salam sukses 🙂