Bill Shankly – Legenda Klub Sepakbola Liverpool


Bill Shankly identik dengan Liverpool Football Club dan dia mungkin adalah salah satu manajer sepakbola terbesar sepanjang masa. Memimpin Liverpool dari divisi kedua yang biasa-biasa saja, Shankly mengubah klub menjadi kekuatan utama dalam sepak bola Inggris dan menetapkan dasar bagi sebuah tim yang akan mendominasi sepak bola domestik dan Eropa selama beberapa dekade ke depan.

Tidak ada yang bisa meramalkan ‘Glory Days’ di depan ketika Bill Shankly menjadi manajer pada tahun 1959, ironisnya dia telah diwawancarai untuk pekerjaan manajer di Liverpool pada tahun 1951 tetapi kalah dari Don Welsh, Liverpool kemudian diturunkan ke Divisi Dua di bawah Welsh dan dia digantikan oleh Phil Taylor pada tahun 1956, dan ketika mendekati, Taylor tidak dapat berhasil memulihkan Liverpool ke divisi Pertama dan dia mengundurkan diri sebelum pengangkatan Bill Shanklys.

Shankly memulai karir manajerialnya di Carlisle United dan dia juga mengelola Grimsby, Workington dan Huddersfield Town sebelum masa jabatannya di Liverpool, dan jika dia belum menyadari besarnya tugasnya, kekalahan kandang 4-0 oleh Cardiff City beberapa hari setelah memulai postingnya memberikan pemeriksaan realitas yang tajam untuk apa yang diperlukan.

Bill Shankly memulai revolusi Liverpool dengan merilis dua puluh empat pemain yang ada dan segera mencari pemain untuk membangun kembali tim, di antaranya adalah Ron Yeats dan Ian St John dua pemain yang menjadi legenda Liverpool dengan hak mereka sendiri.

Perbaikan fasilitas pelatihan segera diikuti dan dibantu dengan dukungan staf ruang belakangnya, Bob Paisley, Joe Fagan, dan Reuben Bennett, yayasan-yayasan itu ada. Taktik baru dan metode pelatihan, penekanan yang lebih besar pada pembentukan tim, dan suntikan semangat dan keinginan untuk menang, segera mulai membuahkan hasil.

Pada musim 1961-1962 Liverpool telah memenangkan divisi II dengan delapan poin, mencetak 99 gol, dan mereka dalam perjalanan kembali ke divisi Pertama. Musim pertama setelah promosi melihat Liverpool finis ke-8 di Liga, sementara banyak tim pasti senang dengan Bill Shankly menginginkan lebih, dan musim berikutnya 1963-64 Liverpool memenangkan gelar Liga.

Liverpool sekarang sedang bergulir, musim 1964-65 melihat mereka memenangkan Piala FA pertama mereka ketika mereka mengalahkan Leeds United 2-1 di Final, dan meskipun mereka tidak memenangkan liga musim ini, mereka mencapai semifinal Piala Eropa final, yang memberi mereka rasa untuk petualangan Eropa di masa depan.

Musim 1965-1966 melihat Liverpool memainkan sepakbola luar biasa saat mereka merebut kembali gelar Liga dengan sangat baik menggunakan hanya 14 pemain sepanjang musim. Liverpool juga mencapai Final Piala Winners Eropa, tetapi kalah tipis dari Borussia Dortmund.

Pada akhir tahun 1960-an, jelas bahwa Liverpool perlu membangun kembali, dan meskipun layanan hebat mereka untuk klub, para pemain dari 60-an sudah menua. Pemain seperti Hunt, Yeats dan Ian St John meninggalkan klub dan Keegan, Heighway, Hughes, Toshack dan Clemence ditandatangani, Liverpool baru telah tiba.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Saya

Feriantoro Homy

Halo, Saya seorang blogger yang ingin berbagi informasi apapun yang saya ketahui dan mungkin bisa berguna untuk Anda dan banyak orang.

Terima kasih dan terus ikuti perkembangan info di web ini ya.

Salam sukses 🙂