Cara merawat sepic tank biofil secara sederhana


Septic tank adalah tempat yang berbentuk bak penampungan untuk menampung air dari limbah pembuangan water closet yang letaknya ada di dalam tanah. Umumnya septic tank terbuat dari dinding yang disekat terbuat dari batu bata, di bagian atas menggunakan batu beton, sedangkan pada bagian penutup diberi pipa hawa T sebagai penghubung oksigen yang ada di dalam septic tank.

Cara merawat sepic tank biofil secara sederhana

Kontruksi septic tank dengan batu bata dan beton merupakan bentuk septic tank yang masih sederhana, penguraian bakteri juga masih secara natural, untuk membuat septic tank seperti ini harus memperhatikan lokasinya minimal 1,5 meter dari bangunan rumah. Selain itu bentuk septic tank ini juga memerlukan perawatan yang harus dilakukan secara berskala untuk menghindari penumpukan pada septic tank yang nanti akan menghambat jamban/WC.

Perawatan septic tank konvensional

  1. Pemeriksaan

Lakukan pemeriksaan rutin setiap tahun dengan menggunakan tongkat yang sudah di bungkus dengan kain. Cara melakukan pemeriksaan:

  • Masukan tongkat ke dalam septic tank
  • Lihat apakah pada tongkat sudah di penuhi dengan lumpur, apabila lumpur sudah mencapai setengah dari dalamnya septic tank maka tangki sudah harus di kuras
  • Setelah di kuras sisakan sedikit lumpur di dalam septic tank untuk digunakan sebagai media pembusukan nantinya.
  1. Pengurasan

Apabila tangki sudah penuh atau hampir penuh segera lakukan pengurasan. Pengurasan bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan truk tinja dan secara manual di kuras sendiri dengan cara ditimba.

  1. Pembuangan lumpur

Ingat lumpur dalam septic tank masih terdiri dari mikroorganisme yang berbahaya untuk kesehatan, lokasi pembuangan lumpur minimal 15 meter dari perumahan penduduk. Lumpur tinja sebaiknya tidak di buang karena bisa dijadikan sebagai pupuk. Buat lubang untuk lumpur tinja lalu tutup dengan penutup yang tebalnya 30 cm setelah satu tahun lumpur tinja sudah bisa digunakan.

Perawatan septic tank dengan menggunakan jasa sedot WC masih terbilang mahal, namun sebagian besar penduduk Indonesia masih menggunakan septic tank model ini, sebenarnya ada model septic tank yang lebih ramah lingkungan dan mudah dalam perawatannya yaitu septic tank biofil.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Saya

Feriantoro Homy

Halo, Saya seorang blogger yang ingin berbagi informasi apapun yang saya ketahui dan mungkin bisa berguna untuk Anda dan banyak orang.

Terima kasih dan terus ikuti perkembangan info di web ini ya.

Salam sukses 🙂