Latihan untuk Jantung Sehat


Jantung Anda adalah otot, dan itu menjadi lebih kuat dan sehat jika Anda menjalani kehidupan yang aktif. Tidak pernah terlambat untuk mulai berolahraga, dan Anda tidak harus menjadi atlet. Bahkan mengambil jalan cepat selama 30 menit sehari dapat membuat perbedaan besar.

Setelah Anda pergi, Anda akan menemukannya terbayar. Orang yang tidak berolahraga hampir dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung sebagai orang yang aktif.

Olahraga teratur dapat membantu Anda:

  • Membakar kalori
  • Turunkan tekanan darah Anda
  • Kurangi kolesterol “jahat” LDL
  • Tingkatkan kolesterol HDL “baik” Anda

Siap memulai?

Bagaimana Memulai Berolahraga
Pertama, pikirkan tentang apa yang ingin Anda lakukan dan seberapa sesuai Anda.

Apa yang terdengar menyenangkan? Apakah Anda lebih suka berolahraga sendiri, dengan pelatih, atau di kelas? Apakah Anda ingin berolahraga di rumah atau di gym?

Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang lebih sulit daripada apa yang dapat Anda lakukan sekarang, tidak masalah. Anda dapat menetapkan tujuan dan membangunnya.

Misalnya, jika Anda ingin berlari, Anda mungkin mulai dengan berjalan dan kemudian menambahkan semburan joging ke dalam perjalanan Anda. Secara bertahap mulai berlari lebih lama dari Anda berjalan.

Jangan lupa untuk check-in dengan dokter Anda. Dia akan memastikan Anda siap untuk kegiatan apa pun yang Anda pikirkan dan memberi tahu Anda tentang batasan apa pun yang dapat Anda lakukan.

Jenis Latihan
Rencana latihan Anda harus mencakup:

Latihan aerobik (“cardio”): Berlari, joging, dan bersepeda adalah beberapa contoh. Anda bergerak cukup cepat untuk meningkatkan detak jantung dan bernapas lebih keras, tetapi Anda tetap harus dapat berbicara dengan seseorang saat Anda melakukannya. Jika tidak, Anda mendorong terlalu keras. Jika Anda memiliki masalah sendi, pilih aktivitas berdampak rendah, seperti berenang atau berjalan.

Peregangan: Anda akan menjadi lebih fleksibel jika Anda melakukan ini beberapa kali dalam seminggu. Lakukan peregangan setelah Anda melakukan pemanasan atau selesai berolahraga. Regangkan dengan lembut – seharusnya tidak sakit.

Latihan kekuatan. Anda dapat menggunakan bobot, band resistensi, atau berat badan Anda sendiri (yoga, misalnya) untuk ini. Lakukan 2-3 kali seminggu. Biarkan otot Anda pulih selama sehari di antara sesi.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tentang Saya

Feriantoro Homy

Halo, Saya seorang blogger yang ingin berbagi informasi apapun yang saya ketahui dan mungkin bisa berguna untuk Anda dan banyak orang.

Terima kasih dan terus ikuti perkembangan info di web ini ya.

Salam sukses 🙂